Minggu, 17 Februari 2008

cara Install Dosemu & Dosbox

Dosemu di ubuntu feisty fawn
Sat, 15/09/2007 - 22:02 — durahman

Dosemu singkata dari dosemulator. Program ini digunakan untuk mengemulasikan applikasi-aplikasi yang jalan di dos agar bisa jalan di lingkungan linux. Dengan adanya dosemu program-program seperti accpac for dos bisa jalan di linux. Begitu juga program dos yang lainnya.

Btw kenapa pake dosemu? Kan ada dosbox?

Silahkan mau pilih yang mana. Keduanya sama-sama applikasi emulator. Dan selama ini juga aku pake dosbox untuk menjalankan accpac-dos. Cuman barusan aku lihat-lihat apa yg bisa aku dapatkan di dosemu dan apa bedanya dgn dosbox dan kayaknya aku lebih suka dosemu. Ini hal-hal yg membuat aku menyukainya;

1. dosemu jalan di lingkungan cli murni (ctrl+alt+f1). Ingat, gunakan ‘ctrl+alt+f7 untuk kembali ke mode gui
2. gak perlu melakukan perintah ‘mount c: /home/durahman….’ untuk link ke directory kerja emulator. Otomatis dosemu memount /home/durahman sebagai drive ‘d’
3. bisa membaca dengan sempurna mounting nfs (dosbox juga bisa, sih). Pada kasusku aku memount 172.16.0.79:/media/data/G/Users/ ke /home/durahman/galanet. Dan dosbox bisa membaca galanet secara sempurna
4. use less cpu (katanya)

Tertarik? Mari kita baca tulisan selanjutnya untuk melihat cara install, exekusi dosemu, dan keluar dari dosemu, dll.

Install program
Program yang harus diinstall ada dua yaitu dosemu dan dosemu-freedos. Kalau hanya dosemu saja yg diinstall saat di execute akan menunjukan pesan error yg kurang lebih isinya ‘operating system not found’. So install kedua program tersebut. AKu lebih suka install lewat terminal dgn kode sbb;

durahman@durahman-desktop:~$ sudo apt-get install dosemu
durahman@durahman-desktop:~$ sudo apt-get install dosemu-freedos

Tambahan dari smasul --> Cara Install Dosbox :
samsul@samsul-desktop:~$ sudo apt-get install dosbox

menjalankan program
Untuk menjalankan dosemu langkah pertama jalanakn terminal. Di terminal ketik perintah berikut;

dosemu

Sementara kalau mau keluar dari dosemu, ketik perintah berikut;

exitemu

Catatan1:

Aku lebih suka menjalankan dosemu di cli murni. Caranya aku ketik kombinasi tombol ‘CTRL+ALT+F1′. Akan mencul jendela cli. Login sebagai user yang biasanya, misalnya durahman. Setelah itu jalankan dosemu seperti biasa. Kalau mau kembali lagi ke mode gui tingal pencet kombinasi tombol ‘CTRL+ALT+F7′.

Catatan2:

Untuk menambah applikasi dos dan bekerja dengan data lakukan seperti biasanya sajah. Copy applikasi ke folder /home/durahman (beserta datanya kalau perlu, atau data disimpan di server nfs yg di mount). Setelah itu di dosemu masuk ke D, dimana d di mount ke /home/durahman

2 komentar:

jeantik mengatakan...

kenapa yach klo saya install muncul pesan E: could not get locl /var/lib/dpkg/locl - open (11resouce temorarily unvailble)
E: unable to lock the adminitration directory (var/lib/dpkg/), is another process using it?

maklum baru hari ini make ubuntu :).n newbie banget

oep4nk mengatakan...

aku iseng install ubuntu 7.10 kemaren tgl 9 maret 2009,meski sudah ada ubuntu 8.10 tapi ada sedikit kendala pd saat install dosemu-freedos.
mohon penjelasan pada dedengkot ubuntu....